Tuesday, March 20, 2012

The Green Mile (Movie)









The Green Mile
Anda percaya pada keajaiban dan kebaikan hati ? Saya sarankan anda menonton film ini. 
Film ini berkisah tentang kehidupan di penjara Death Row (istilah penjara bagi terpidana mati). Film ini diaktori oleh Paul Edgecomb (Tom Hanks), Brutus Howel (David Morse), Dean Stanton (Barry Pepper), Harry Terwilligger (Jeffey DeMunn), dan Percy Wetmore (Doug Hutchison) sebagai sipir yang bertugas di penjara itu. Film yang diangkat dari novel Stephen King dengan judul yang sama ini disutradarai oleh Frank Darabont dan menjadi nominasi film terbaik Oscar tahun 1999.


Film ini menceritakan tentang kehidupan di penjara Blok E Death Row, kehidupan yang sangat suram penuh dengan kekerasan dalam penjara, dimana para penghuninya saling siksa menyiksa selama menunggu waktu hukuman mati tiba. Tapi tiba-tiba keadaan berubah 180º ketika seorang terpidana baru datang ke blok itu. Seseorang dengan tubuh raksasa hitam, berwajah sangar, John Cofey (Michael C. Duncan) yang dihukum mati karena kasus pembunuhan. Ia dituduh membunuh dan memperkosa 2 anak kecil perempuan berkulit putih.
Namun ternyata  karakter si Cofey Jauh dari Sosok menyeramkannya. Ia ternyata sangat baik hati, mudah menangis dan ia mempunyai kemampuan supranatural.  para penjaga pun terkejut saat melihat karakter Cofey selama di penjara, ia ternyata adalah pria yang sangat lembut. Tidak hanya itu, ia bahkan enggan menyakiti hewan dan takut akan kegelapan. Perlahan, kehadiran Coffey mampu mengubah hidup semua yang berada disekitarnya mulai dari tikus peliharaannya, sipir Percy, sampai istri seorang sipir penjara yang mendadak sembuh dari penyakit mematikan. 
Dan yang menarik di film ini adalah Sosok si John Cofey ini. Dengan paras yang sangar, tubuh besar, begitu sangat menakutkan. Kehadirannya pun sangat membuat terengah-engah penghuni penjara dan para sipir yang menjaga, karna apa? Karna mereka mengira suasana akan semakin riuh dengan kekerasan karena hadirnya dia. Dengan terpidana hukuman mati pembunuh 2 anak kecil, tentu saja membuat si Cofey diperlakukan sangat buruk tentu dengan berbagai kekerasan dari sang sipir.
Melihat kepolosan Coffey, Paul dan para penjaga lain mulai menyangsikan dakwaan mati yang telah dijatuhkan pengadilan, dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengubahnya. Namun belakangan mereka menyadari, bahwa tidak mudah menyelamatkan seseorang yang sudah didakwa untuk melewati green mile alias perjalanan menuju kursi listrik.


 

Yang saya maksud Seseorang yang memiliki kesehatan mental yang baik adalah Sosok John Cofey. Ia bermental baik karena walaupun ia dituduh, didakwa sebagai tersangaka pembunuhan dan akan dihukum mati. Tapi ia menerima dengan berbesar hati dengan tetap bersikap baik seperti biasanya. Tidak ada kekerasan walaupun ia sering di buli oleh penghuni penjara serta sipir. Keadaan sekitar yang buruk tidak merubahnya menjadi seseorang narapidana. Ia bahkan merubah keadaan sekitar dengan menyebarkan kebaikan. Kemudian dia tidak berontak sewaktu di dakwa, ia menerima dan tetap menjalani hukuman walaupun ia tidak bersalah.




   


*********************************
United States, 1999
U.S. Release Date:
 12/10/99 (wide) 
Running Length:
 3:08
MPAA Classification:
 R (Violence, profanity, sex-related material) 
Theatrical Aspect Ratio:
 2.35:1

Cast: Tom Hanks, David Morse, Bonnie Hunt, Michael Clarke Duncan, James Cromwell, Michael Jeter, Graham Greene, Doug Hutchison, Sam Rockwell, Barry Pepper, Jeffrey DeMunn, Patricia Clarkson
Director: Frank Darabont
Producers: Frank Darabont, David Valdes
Screenplay: Frank Darabont based on the novel by Stephen King
Cinematography: David Tattersall
Music: Thomas Newman
U.S. Distributor: Warner Brothers



Inspirasi : photo by Google image
dan Film the Green Mile

No comments:

Post a Comment

Suzy Cat