Thursday, May 26, 2011

Matematika dikehidupanku...



Matematika & IAD

Matematika dikehidupanku...
Matematika ? Pasti pertama kali mendengar Kata yang satu ini Orang-orang akan langsung berpikir sebuah Rumus-rumus yang rumit’, angka-angka, algoritma, semua bentuk hitung-hitungan yang berkategori “susah”, “rumit”, “pusing”. Tapi di blog saya ini, saya gak mau membicarakan rumus, atau membahas perhitungan yang ada di ‘pelajaran’ Matematika. Tapi disini saya mau membicarakan Apa sih sebenarnya Matematika itu? Banyak yg bilang “sebuah pelajaran”. “Perhitungan angka-angka”. “pelajaran yang ada disekolah” . tapi kalau dipikir-pikir, sebenarnya manusia itu dalam pekerjaan sehari-harinya tidak luput dari yang namanya matematika. Meskipun dari hal yang sangat sederhana, Matematika sudah memerankan peran yang penting dalam kehidupan manusia. Contohnya, penggunaan Matematika ‘aljabar’ dari hal yang sederhana kita sudah menggunakan aljabar dalam kehidupan sehari-hari. seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Contohnya dikehidupan saya,* sebagai anak kost, saya juga memperhitungkan uang yang umumnya diberikan bulanan/mingguan oleh orgtua saya, saya harus bisa membagi, memperhitungkan jumlah pengeluaran saya agar uang yang tersedia mampu mencukupi kebutuhan selama satu bulan.  dalam membelanjakan uang dan menabung’pun saya menghitung dengan menggunakan aljabar yang sederhana dengan memperhitungkan seberapa banyak uang yang saya belanjakan dengan uang yang harus saya tabung.
Masih banyak kegunaan matematika yang bahkan tidak kita rasakan secara langsung, mungkin karena kita kurang peka terhadap peran matematika. Contoh lain matematika sebagai perhitungan lampu lalu lintas. yang digunakan cabang matematika logika fuzzy atau logika samar.
Matematika juga dikembangkan dalam dunia kedokteran. Dalam hal ini matematika berperan secara tidak langsung dalam membantu penyembuhan penyakit.
Yg paling sering digunakan untuk masa ini adalah Komputer dan Laptop. Dimana kedua teknologi itu tercipta dari perkembangan matematika. Yaitu dengan menggunakan aljabar boolean untuk komputer berdigit modern, algoritma untuk bahasa pemograman, logika boolean yang juga terdapat dalam komputer yang digunakan sebagai dasar untuk belajar bahasa pemrograman, struktur data, sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, dan lainnya yang menggunakan logika secara intensif. Perhitungan di dalam komputer juga menggunakan konsep aljabar sederhana yaitu penjumlahan yang komputer bisa lakukan Selain itu terdapat juga beberapa program di komputer yang digunakan untuk matematika yaitu program spss untuk menghitung statistika. Dan juga program visual basic yang saat ini saya pelajari untuk pengolahan rumus matematika.
Contoh lain yang sangat penting menurut saya, karena berhubungan dengan jurusan saya study, yaitu penggunaan algoritma dan logika. Algoritma itu sendiri adalah runtutan langkah-langkah yang logis untuk menyelesaikan permasalahan. Dalam kehidupan dan dunia Psikologi banyak sekali permasalahan yang muncul dan harus diatasi. Bagaimana mengatasinya yaitu dengan logika memikirkan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.  
Matematika itu adalah permainan logika. semakin kita ahli dalam matematika.
semakin terAsah juga logika kita. yang artinya semakin tajam kemampuan analisis dan berpikir kita.
dan itu sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan. Dan sekarang saya sangat ‘interest’ sekali dengan matematika, mungkin karena sekarang ‘baru mengetahui’ seberapa bermanfaat dan
sangat berperannya Matematika dalam kehidupan, bukan Cuma kehidupanku, tapi semua manusia yang hidup. Coba kita bayangkan bagaimana jika manusia tidak pernah mengenal yang namanya bilangan ? bagaimana masa depan, masa moderen ini bisa terjadi?
                                                 http://www.forumsains.com/matematika/manfaat-matematika/

                                                             “Novel The Numbers behind NUMB3RS 

No comments:

Post a Comment

Suzy Cat