Thursday, May 26, 2011

Matematika dikehidupanku...



Matematika & IAD

Matematika dikehidupanku...
Matematika ? Pasti pertama kali mendengar Kata yang satu ini Orang-orang akan langsung berpikir sebuah Rumus-rumus yang rumit’, angka-angka, algoritma, semua bentuk hitung-hitungan yang berkategori “susah”, “rumit”, “pusing”. Tapi di blog saya ini, saya gak mau membicarakan rumus, atau membahas perhitungan yang ada di ‘pelajaran’ Matematika. Tapi disini saya mau membicarakan Apa sih sebenarnya Matematika itu? Banyak yg bilang “sebuah pelajaran”. “Perhitungan angka-angka”. “pelajaran yang ada disekolah” . tapi kalau dipikir-pikir, sebenarnya manusia itu dalam pekerjaan sehari-harinya tidak luput dari yang namanya matematika. Meskipun dari hal yang sangat sederhana, Matematika sudah memerankan peran yang penting dalam kehidupan manusia. Contohnya, penggunaan Matematika ‘aljabar’ dari hal yang sederhana kita sudah menggunakan aljabar dalam kehidupan sehari-hari. seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Contohnya dikehidupan saya,* sebagai anak kost, saya juga memperhitungkan uang yang umumnya diberikan bulanan/mingguan oleh orgtua saya, saya harus bisa membagi, memperhitungkan jumlah pengeluaran saya agar uang yang tersedia mampu mencukupi kebutuhan selama satu bulan.  dalam membelanjakan uang dan menabung’pun saya menghitung dengan menggunakan aljabar yang sederhana dengan memperhitungkan seberapa banyak uang yang saya belanjakan dengan uang yang harus saya tabung.
Masih banyak kegunaan matematika yang bahkan tidak kita rasakan secara langsung, mungkin karena kita kurang peka terhadap peran matematika. Contoh lain matematika sebagai perhitungan lampu lalu lintas. yang digunakan cabang matematika logika fuzzy atau logika samar.
Matematika juga dikembangkan dalam dunia kedokteran. Dalam hal ini matematika berperan secara tidak langsung dalam membantu penyembuhan penyakit.
Yg paling sering digunakan untuk masa ini adalah Komputer dan Laptop. Dimana kedua teknologi itu tercipta dari perkembangan matematika. Yaitu dengan menggunakan aljabar boolean untuk komputer berdigit modern, algoritma untuk bahasa pemograman, logika boolean yang juga terdapat dalam komputer yang digunakan sebagai dasar untuk belajar bahasa pemrograman, struktur data, sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, dan lainnya yang menggunakan logika secara intensif. Perhitungan di dalam komputer juga menggunakan konsep aljabar sederhana yaitu penjumlahan yang komputer bisa lakukan Selain itu terdapat juga beberapa program di komputer yang digunakan untuk matematika yaitu program spss untuk menghitung statistika. Dan juga program visual basic yang saat ini saya pelajari untuk pengolahan rumus matematika.
Contoh lain yang sangat penting menurut saya, karena berhubungan dengan jurusan saya study, yaitu penggunaan algoritma dan logika. Algoritma itu sendiri adalah runtutan langkah-langkah yang logis untuk menyelesaikan permasalahan. Dalam kehidupan dan dunia Psikologi banyak sekali permasalahan yang muncul dan harus diatasi. Bagaimana mengatasinya yaitu dengan logika memikirkan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.  
Matematika itu adalah permainan logika. semakin kita ahli dalam matematika.
semakin terAsah juga logika kita. yang artinya semakin tajam kemampuan analisis dan berpikir kita.
dan itu sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan. Dan sekarang saya sangat ‘interest’ sekali dengan matematika, mungkin karena sekarang ‘baru mengetahui’ seberapa bermanfaat dan
sangat berperannya Matematika dalam kehidupan, bukan Cuma kehidupanku, tapi semua manusia yang hidup. Coba kita bayangkan bagaimana jika manusia tidak pernah mengenal yang namanya bilangan ? bagaimana masa depan, masa moderen ini bisa terjadi?
                                                 http://www.forumsains.com/matematika/manfaat-matematika/

                                                             “Novel The Numbers behind NUMB3RS 

Friday, May 20, 2011

Apa itu Metode Ilmiah ?



Matematika & IAD

Apa itu Metode Ilmiah ?

Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
Langkah-Langkah Dalam Penulisan Metode Ilmiah ::

      Menyusun Rumusan Masalah
      Menyusun Kerangka Teori
❤  Merumuskan Hipotesis (penjelasan teoretis yang merupakan dugaan atas hasil   pengamatan dan pengukuran)
    Melakukan Eksperimen
❤  Menarik Kesimpulan
    Mempublikasikan Hasil


MENYUSUN RUMUSAN MASALAH

Hal-hal yang harus diperhatikan:
   Masalah menyatakan adanya keterkaitan antara beberapa variabel atau lebih
  Masalah tersebut merupakan masalah yang dapat diuji dan dapat dipecahkan
  Masalah disusun dalam bentuk pertanyaan yang singkat, padat dan jelas

MENYUSUN KERANGKA TEORI
Mengumpulkan keterangan-keterangan dan informasi, baik secara teori maupun data-data fakta di lapangan
    Dari keterangan-keterangan dan informasi tersebut diperoleh penjelasan sementara terhadap permasalahan yang terjadi.

MERUMUSKAN HIPOTESIS
Hipotesis = jawaban sementara yang masih perlu dicari kebenarannya
      Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan hipotesis:
v   Ditulis dalam pernyataan
v   Sederhana dan jelas
 Berdasarkan keterangan-keterangan atau informasi yang dikaji baik dari sumber bacaan maupun  fakta

PREDIKSI DARI HIPOTESIS
Hipotesis yang berguna akan memungkinkan prediksi berdasarkan deduksi. Prediksi tersebut mungkin meramalkan hasil suatu eksperimen dalam laboratorium atau pengamatan suatu fenomena di alam. Prediksi tersebut dapat pula bersifat statistik dan hanya berupa probabilitas. Hasil yang diramalkan oleh prediksi tersebut haruslah belum diketahui kebenarannya (apakah benar-benar akan terjadi atau tidak). Hanya dengan demikianlah maka terjadinya hasil tersebut menambah probabilitas bahwa hipotesis yang dibuat sebelumnya adalah benar. Jika hasil yang diramalkan sudah diketahui, hal itu disebut konsekuensi dan seharusnya sudah diperhitungkan saat membuat hipotesis. Jika prediksi tersebut tidak dapat diamati, hipotesis yang mendasari prediksi tersebut belumlah berguna bagi metode bersangkutan dan harus menunggu metode yang mungkin akan datang. Sebagai contoh, teknologi atau teori baru boleh jadi memungkinkan eksperimen untuk dapat dilakukan.

MELAKUKAN EKSPERIMEN

Setelah prediksi dibuat, hasilnya dapat diuji dengan eksperimen. Jika hasil eksperimen bertentangan dengan prediksi, maka hipotesis yang sedak diuji tidaklah benar atau tidak lengkap dan membutuhkan perbaikan atau bahkan perlu ditinggalkan. Jika hasil eksperimen sesuai dengan prediksi, maka hipotesis tersebut boleh jadi benar namun masih mungkin salah dan perlu diuji lebih lanjut. Hasil eksperimen tidak pernah dapat membenarkan suatu hipotesis, melainkan meningkatkan probabilitas kebenaran hipotesis tersebut. Hasil eksperimen secara mutlak bisa menyalahkan suatu hipotesis bila hasil eksperimen tersebut bertentangan dengan prediksi dari hipotesis. Bergantung pada prediksi yang dibuat, berupa-rupa eksperimen dapat dilakukan. Eksperimen tersebut dapat berupa eksperimen klasik di dalam laboratorium. Eksperimen bahkan dapat berupa mengemudikan pesawat dari NewYork ke Paris dalam rangka menguji hipotesis aerodinamisme yang digunakan untuk membuat pesawat tersebut. Pencatatan yang detail sangatlah penting dalam eksperimen, untuk membantu dalam pelaporan hasil eksperimen dan memberikan bukti efektivitas dan keutuhan prosedur yang dilakukan. Pencatatan juga akan membantu dalam reproduksi eksperimen.

MENARIK KESIMPULAN
Menarik kesimpulan dari hasil eksperimen yang sudah dilakukan apakah hasilnya sama dengan dugaan kita yang sementara/tidak.






Referensi :  ★ http://id.wikipedia.org/wiki/Metode_ilmiah
                               www.webnode.com/langkah-langkah metode ilmiah


Suzy Cat