Tuesday, March 8, 2011

BLACK HOLE☀ si "Lubang Hitam" ☠



ALAM SEMESTA
Matematika & IAD

Ide tulisan ini terinspirasi dari :

Kabar- kabar berita yang menghebohkan dari www.lintasberita.comwww.BBC.News
Tentang ditemukannya Monster Jagat Raya Dengan kekuatan gravitasinya yang sangat spektakuler Bernama Black Hole atau “Lubang Hitam” Monster kosmis itu sendiri adalah Jurang ketiadaan yang menghisap, menyapu benda-benda angkasa bahkan melenyapkan cahaya yang melewati atau mendekatinya.




Untuk itu, saya akan coba membahas Apa sih?“ Lubang Hitam”?
Lubang hitam itu,.adalah sebuah Pemusatan massa yang cukup besar , Seperti Bintang dengan bobot yang besar hancur ke dalam dirinya sendiri, dan akhirnya berubah menjadi sebuah lubang hitam dengan Gravitasi sangat besar serta medan magnet yang amat kuat. Kita tidak mampu melihat lubang hitam dengan teropong terkuat sekalipun, karena tarikan gravitasi lubang hitam tersebut yang sedemikian kuatnya sehingga cahaya pun tidak mampu melepaskan diri darinya. dari sinilah  John Archibald Wheeler pada tahun 1967  memberikan nama "lubang hitam" atau Black Hole yang menjadi sangat populer, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi black hole ini adalah sebuah wilayah di angkasa yang membuat benda-benda terhisap masuk kedalamnya dan tidak akan pernah keluar kembali.
Begitu misterius dan menyeramkan karena diperkirakan oleh Para Astronom, melalui observasi yang sangat hati-hati, angkasa diluar sana dihiasi oleh jutaan lubang hitam.







Dari mana Asal Mula terbentuknya Lubang Hitam ??

Lubang Hitam tercipta ketika suatu obyek itu tidak dapat bertahan dari kekuatan gaya gravitasinya sendiri.dan Tekanan gravitasi pada matahari dan planet lain tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi. Tetapi sebaliknya untuk obyek yang bermassa sangat besar, tekanan gravitasi-lah yang menang,bobot/badan bintang itu hancur dan terhisap kedalam gravitasinya sendiri maka terbentuklah seperti lubang hitam




Apa Lubang Hitam bisa Tumbuh ??

Massa/Berat dari lubang hitam bisa terus bertambah dengan cara menghisap semua materi didekatnya. Semua materi tidak bisa lari dari jeratan lubang hitam jika melintas terlalu dekat. Jadi obyek yang tidak bisa menjaga jarak yang aman dari lubang hitam akan terhisap. Tapi lubang hitam tidak dapat menghisap material yang jaraknya sangat jauh dari dirinya. dia hanya bisa menarik materi yang lewat sangat dekat dengannya.


Apa Bahaya dari Lubang Hitam ??

“Lubang Hitam dapat menelan seluruh tata surya kita!” ujar astronom Karl Gebhardt dari University of Texas, Austin.
Belum lagi setelah diadakan penelitian oleh Sebuah tim Astronom ineternasional,bahwa ternyata Jarak lubang hitam ke bumi lebih dekat dari perkiraan awal yaitu 93 juta mil. Tanpa menggantungkan pada model matematika, para astronom memperoleh hasil angka 7800 tahun cahaya jarak antara bumi dan lubang hitam, para astronom telah mendapatkan gambaran yang lebih jelas bagaimana lubang hitam berevolusi. Dan bisa menghisap benda angkasa termasuk bumi dan menghancurkannya. Para Peneliti mendapatkan data dari emisi radio lubang hitam dan bintang mati di area tersebut. Lebih jauh, jarak yang tepat dibutuhkan untuk mengukur putaran lubang hitam. Jarak astronomis lebih mudah diukur dengan alat yang disebut parallax trigonometrik, di mana para astronom menggunakan pergeseran tahunan posisi bintang sebagai akibat orbit bumi mengelilingi matahari ( parallax shift). Peter Jonker dari Institut Riset Luar Angkasa Belanda SRON dan rekannya mengaplikasikan metode ini untuk pertama kalinya, Bahaya lainnya adalah Lubang hitam bisa bertambah besar massanya ketika bertubrukan dengan lubang hitam yang lain sehingga menjadi satu lubang hitam yang lebih besar lagi!!.






 Referensi Materi :

http://id.wikipedia.org/wiki




www.bbc.co.uk/news/uk/

Referensi Gambar : http://www.google.co.id/images

No comments:

Post a Comment

Suzy Cat